Translate

Kamis, 10 Oktober 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMATIK




Nama Sekolah             : SD NGRUKEMAN
Tema                           : Kesehatan
Kelas/Semester            : II/1
Alokasi Waktu            : 3x35 Menit (1 x pertemuan)

A.  Standar Kompetensi
1.      PKn
·         Menampilkan sikap cinta lingkungan.
2.      IPS
·         Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3.      IPA
·         Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan. dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.


B.  Kompetensi Dasar
1.      PKn
·         Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·         Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam.
2.      IPS
·         Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3.      IPA
·         Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.

C.  Indikator Pencapaian
1.    PKn
a.    Kognitif
i.      Proses
·         Mempelajari lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·         Mempelajari cara pemeliharaan lingkungan alam.
ii.    Produk
·         Mengetahui lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·         Mengetahui cara pemeliharaan lingkungan alam.
b.      Afektif
i.      Karakter/Sikap
·         Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung jawab.
·         Menunjukkan sikap berani dan percaya diri.
ii.    Ketrampilan Sosial
·         Menunjukkan sikap kerjasama dengan orang lain saat merawat tumbuhan di lingkungan sekolah.
c.       Psikomotor
·         Melaksanakan perawatan tumbuhan di lingkungan sekolah.
·         Mengerjakan lembar evaluasi.
2.      PKn
a.    Kognitif
i.     Proses
·      Mempelajari peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
ii.    Produk
·         Mengetahui peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
b.   Afektif/Sikap
i.      Karakter
·         Menunjukkan sikap tanggung jawab dalm menyelesaikan tugas.
·         Menunjukkan sikap berani dan percaya diri.
ii.    Ketrampilan Sosial
·         Menunjukkan sikap menghargai orang lain.
c.       Psikomotor
·      Menceritakan peristiwa penting yang tidak menyenangkan di rumah.
3.      IPA
a.      Kognitif
i.      Proses
·         Mempelajari makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
ii.    Produk
·      Menyebutkan /membedakan makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
b.      Afektif/Sikap
·      Menempelkan hasil diskusi kelompok yang sudah disediakan.
·      Mengerjakan lembar evaluasi.
c.       Psikomotor
·         Menempelkan hasil diskusi kelompok yang sudah disediakan.
·         Mengerjakan lembar evaluasi.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.      PKn
a.      Kognitif
i.      Proses
·      Melalui penjelasan yang diberikan oleh guru, siswa dapat mempelajari lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·      Melalui penjelasan guru yang diberikan oleh guru, siswa dapat mempelajari cara pemeliharaan lingkungan alam.

ii.    Produk
·      Siswa dapat mengetahui lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·      Siswa dapat mempelajari cara pemeliharaan lingkungan alam.

b.      Afektif/Sikap
i.      Karakter/Sikap
·      Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa dapat disiplin dan tanggung jawab.
ii.   Ketrampilan Sosial
·      Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa dapat kerjasama dengan orang lain saat merawat tumbuhan di lingkungan sekolah.
c.       Psikomotor
·         Setelah guru menjelaskan materi, siswa dapat merawat tumbuhan di lingkungan sekolah/di rumah.
·         Setelah guru menjelaskan materi, siswa megerjakan lembar evaluasi.

2.      IPS
a.      Kognitif
i.      Proses
·         Melalui penjelasan yang diberikan oleh guru, siswa mempelajari peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
ii.    Produk
·         Siswa dapat mengetahui peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
b.      Afektif/Sikap
i.      Karakter
·         Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa dapat bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
·         Selama proses pembelajran berlangsung, siswa dapat menunjukkan sikap berani dan percaya diri.
ii.    Ketrampilan Sosial
·      Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa dapt menghargai oarang lain.
c.       Psikomotor
·         Setelah dijelaskan materi oleh guru, siswa dapat menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
3.         IPA
a.      Kognitif
i.      Proses
·         Melalui penjelasan yang diberikan oleh guru, siswa mempelajari makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.

ii.        Produk
·         Siswa dapat menyebutkan/membedakan makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
b.      Afektif
i.          Karakter/Sikap
·         Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa dapat menunjukkan sikap cinta terhadap makhluk hidup.
ii.        Ketrampilan Sosial
·         Selama proses pembelajaran berlangsung, siswa dapat kerjasama dan menghargai dengan orang lain.
c.       Psikomotor
·         Setelah dijelaskan materi oleh guru, siswa dapat menempelkan hasil diskusi kelompok yang  sudah disediakan.
·         Setelah dijelaskan materi oleh guru, siswa dapat mengerjakan lembar evaluasi.
E.  Materi Pembelajaran
1.      PKn
Mempelajari pentingnya lingkungan alam, seperti dunia  tumbuhan dan dunia hewan, serta cara merawat lingkungan alam.
2.      IPS
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.
3.      IPA
Mempelajari makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.

F.   Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Pembelajaran Kooperatif
2.      Metode                        : Tanya jawab, Ceramah, Penugasan, dan Unjuk kerja.

G. Sumber Belajar dan Media
1.      Sumber Belajar
a.       Lingkungan Alam.
b.      Dra. Lili Nuralili, M.Ed. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD/MI kelas II. Halaman 45-66. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidukan Nasional.
c.       Tri S dan A. Dakir. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI kelas II. Halaman 36-71. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidukan Nasional.
d.      Heni S. Dan Edi W. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam Untku SD/MI Kelas II.Halaman 19-34. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidukan Nasional.
e.       Lembar evaluasi dan kunci jawaban.
2.      Media
a.       Papan Tulis
b.      Buku bse kelas II

H.  Langkah-langkah  Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal
1.        Pelajaran dibuka  dengan salam, berdoa, dan memeriksa kehadiran  siswa.
2.        Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran.
3.        Guru memberikan pertanyaan mengenai materi pelajaran.
B.     Kegiatan Inti
1.        Menjelaskan materi tentang pentingnya lingkungan alam dan cara pemeliharaan lingkungan alam.
2.       Menjelaskan akibat tidak merawat lingkungan.
3.       Melaksanakan perawatan tumbuhan di lingkungan sekolah/di rumah.
4.       Siswa mengerjakan lembar evaluasi.
5.       Guru dan siswa membahas bersama lembar evaluasi yang dikerjakn siswa.
6.       Mengajak siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah di bahas.
7.       Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
8.       Menyimpulkan bersama tentang materi yang sudah dibahas.
9.       Guru membagi kelompok menjadi 7  kelompok (tiap kelompok 5 anak).
10.    Menyebutkan nama hewan yang merugikan manusia.
11.    Menyebutkan nama hewan yang merugikan hewan lain.
12.    Menyebutkan nama hewan yang merugikan tumbuhan.
13.    Menyebutkan nama hewan yang menguntungkan manusia.
14.    Menyebutakn nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan.
15.    Menyebutkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain.
16.    Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
17.    Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
18.    Tiap kelompok  mengerjakan lembar evaluasi.
19.    Guru menggunakan sistem Talking Stick untuk menunjuk siswa untuk menempelkan  hasil diskusi kelompok pada tempat yang sudah disediakan.
20.    Guru memberikan reward kepada siswa yang sudah menempelkan hasil diskusi kelompok.
21.    Siswa dan guru bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok.
22.    Siswa mengerjakan soal evaluasi secara individu.
23.    Siswa dan guru membahas bersama soal evaluasi.
24.    Siswa diberikan kesempatan menanyakan hal-hal yang belum dipahami siswa.
25.    Siswa dan guru menyimpulkan materi-mteri yang telah dibahas.
C.  Kegiatan Akhir
1.      Guru menyampaikan pesan kepada siswa untuk mempelajari kembali materi yang sudah dibahas dan mempelajari materi berikutnya.
2.      Salah satu siswa memimpin doa penutup.
3.      Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam penutup.

............., ............................... 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD Ngrukeman                                                         Guru Kelas II Tematik
Mugirah, S.Pd                                                                                     Dhina Kusuma W.

NIP. 19600606 1979122014                                                              NPM. 11144600017




Tidak ada komentar:

Posting Komentar