Nama Sekolah :
SD NGRUKEMAN
Tema :
Kesehatan
Kelas/Semester :
II/1
Alokasi Waktu :
3x35 Menit (1 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
1. PKn
·
Menampilkan sikap cinta lingkungan.
2. IPS
·
Memahami peristiwa penting dalam
keluarga secara kronologis.
3. IPA
·
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan
dan tumbuhan, pertumbuhan hewan. dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup
makhluk hidup.
B. Kompetensi Dasar
1. PKn
·
Mengenal pentingnya lingkungan alam
seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·
Melaksanakan pemeliharaan lingkungan
alam.
2. IPS
·
Menceritakan peristiwa penting dalam
keluarga secara kronologis.
3. IPA
·
Mengidentifikasi makhluk hidup yang
menguntungkan dan membahayakan.
C. Indikator Pencapaian
1.
PKn
a.
Kognitif
i. Proses
·
Mempelajari lingkungan alam seperti
dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·
Mempelajari cara pemeliharaan lingkungan
alam.
ii. Produk
·
Mengetahui lingkungan alam seperti dunia
tumbuhan dan dunia hewan.
·
Mengetahui cara pemeliharaan lingkungan
alam.
b.
Afektif
i. Karakter/Sikap
·
Menunjukkan sikap disiplin dan tanggung
jawab.
·
Menunjukkan sikap berani dan percaya
diri.
ii. Ketrampilan
Sosial
·
Menunjukkan sikap kerjasama dengan orang
lain saat merawat tumbuhan di lingkungan sekolah.
c.
Psikomotor
·
Melaksanakan perawatan tumbuhan di
lingkungan sekolah.
·
Mengerjakan lembar evaluasi.
2.
PKn
a.
Kognitif
i. Proses
· Mempelajari
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
ii. Produk
·
Mengetahui peristiwa penting dalam
keluarga secara kronologis.
b.
Afektif/Sikap
i. Karakter
·
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalm menyelesaikan
tugas.
·
Menunjukkan sikap berani dan percaya
diri.
ii. Ketrampilan
Sosial
·
Menunjukkan sikap menghargai orang lain.
c.
Psikomotor
· Menceritakan
peristiwa penting yang tidak menyenangkan di rumah.
3.
IPA
a.
Kognitif
i. Proses
·
Mempelajari makhluk hidup yang menguntungkan
dan membahayakan.
ii. Produk
· Menyebutkan
/membedakan makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
b.
Afektif/Sikap
· Menempelkan
hasil diskusi kelompok yang sudah disediakan.
· Mengerjakan
lembar evaluasi.
c.
Psikomotor
·
Menempelkan hasil diskusi kelompok yang
sudah disediakan.
·
Mengerjakan lembar evaluasi.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
PKn
a.
Kognitif
i.
Proses
· Melalui
penjelasan yang diberikan oleh guru, siswa dapat mempelajari lingkungan alam
seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
· Melalui
penjelasan guru yang diberikan oleh guru, siswa dapat mempelajari cara
pemeliharaan lingkungan alam.
ii.
Produk
· Siswa
dapat mengetahui lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
· Siswa
dapat mempelajari cara pemeliharaan lingkungan alam.
b.
Afektif/Sikap
i.
Karakter/Sikap
· Selama
proses pembelajaran berlangsung, siswa dapat disiplin dan tanggung jawab.
ii.
Ketrampilan
Sosial
· Selama
proses pembelajaran berlangsung, siswa dapat kerjasama dengan orang lain saat
merawat tumbuhan di lingkungan sekolah.
c.
Psikomotor
·
Setelah guru menjelaskan materi, siswa
dapat merawat tumbuhan di lingkungan sekolah/di rumah.
·
Setelah guru menjelaskan materi, siswa
megerjakan lembar evaluasi.
2.
IPS
a.
Kognitif
i.
Proses
·
Melalui penjelasan yang diberikan oleh
guru, siswa mempelajari peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
ii.
Produk
·
Siswa dapat mengetahui peristiwa penting
dalam keluarga secara kronologis.
b.
Afektif/Sikap
i.
Karakter
·
Selama proses pembelajaran berlangsung,
siswa dapat bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
·
Selama proses pembelajran berlangsung,
siswa dapat menunjukkan sikap berani dan percaya diri.
ii.
Ketrampilan
Sosial
· Selama
proses pembelajaran berlangsung, siswa dapt menghargai oarang lain.
c.
Psikomotor
·
Setelah dijelaskan materi oleh guru,
siswa dapat menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
3.
IPA
a.
Kognitif
i.
Proses
·
Melalui penjelasan yang diberikan oleh
guru, siswa mempelajari makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
ii.
Produk
·
Siswa dapat menyebutkan/membedakan
makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
b.
Afektif
i.
Karakter/Sikap
·
Selama proses pembelajaran berlangsung,
siswa dapat menunjukkan sikap cinta terhadap makhluk hidup.
ii.
Ketrampilan
Sosial
·
Selama proses pembelajaran berlangsung,
siswa dapat kerjasama dan menghargai dengan orang lain.
c.
Psikomotor
·
Setelah dijelaskan materi oleh guru,
siswa dapat menempelkan hasil diskusi kelompok yang sudah disediakan.
·
Setelah dijelaskan materi oleh guru,
siswa dapat mengerjakan lembar evaluasi.
E. Materi Pembelajaran
1. PKn
Mempelajari
pentingnya lingkungan alam, seperti dunia
tumbuhan dan dunia hewan, serta cara merawat lingkungan alam.
2. IPS
Menceritakan
peristiwa penting dalam keluarga.
3. IPA
Mempelajari makhluk hidup yang
menguntungkan dan membahayakan.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan
:
Pembelajaran Kooperatif
2. Metode : Tanya jawab, Ceramah,
Penugasan, dan Unjuk kerja.
G. Sumber Belajar dan Media
1.
Sumber
Belajar
a.
Lingkungan
Alam.
b.
Dra.
Lili Nuralili, M.Ed. 2008. Pendidikan
Kewarganegaraan Untuk SD/MI kelas II. Halaman 45-66. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidukan Nasional.
c.
Tri
S dan A. Dakir. 2008. Ilmu Pengetahuan
Sosial untuk SD/MI kelas II. Halaman 36-71. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidukan Nasional.
d.
Heni
S. Dan Edi W. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam
Untku SD/MI Kelas II.Halaman 19-34. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen
Pendidukan Nasional.
e. Lembar
evaluasi dan kunci jawaban.
2.
Media
a. Papan
Tulis
b. Buku
bse kelas II
H. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
1.
Pelajaran
dibuka dengan salam, berdoa, dan
memeriksa kehadiran siswa.
2.
Guru
menyampaikan materi pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran.
3.
Guru
memberikan pertanyaan mengenai materi pelajaran.
B.
Kegiatan Inti
1.
Menjelaskan
materi tentang pentingnya lingkungan alam dan cara pemeliharaan lingkungan alam.
2.
Menjelaskan
akibat tidak merawat lingkungan.
3.
Melaksanakan
perawatan tumbuhan di lingkungan sekolah/di rumah.
4.
Siswa
mengerjakan lembar evaluasi.
5.
Guru
dan siswa membahas bersama lembar evaluasi yang dikerjakn siswa.
6.
Mengajak
siswa untuk menyimpulkan materi yang sudah di bahas.
7.
Menceritakan
peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
8.
Menyimpulkan
bersama tentang materi yang sudah dibahas.
9.
Guru
membagi kelompok menjadi 7 kelompok
(tiap kelompok 5 anak).
10.
Menyebutkan
nama hewan yang merugikan manusia.
11.
Menyebutkan
nama hewan yang merugikan hewan lain.
12.
Menyebutkan
nama hewan yang merugikan tumbuhan.
13.
Menyebutkan
nama hewan yang menguntungkan manusia.
14.
Menyebutakn
nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan.
15.
Menyebutkan
nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain.
16.
Menyebutkan
manfaat tumbuhan bagi manusia.
17.
Menyebutkan
manfaat tumbuhan bagi hewan.
18.
Tiap
kelompok mengerjakan lembar evaluasi.
19.
Guru
menggunakan sistem Talking Stick untuk
menunjuk siswa untuk menempelkan hasil
diskusi kelompok pada tempat yang sudah disediakan.
20.
Guru
memberikan reward kepada siswa yang
sudah menempelkan hasil diskusi kelompok.
21.
Siswa
dan guru bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok.
22.
Siswa
mengerjakan soal evaluasi secara individu.
23.
Siswa
dan guru membahas bersama soal evaluasi.
24.
Siswa
diberikan kesempatan menanyakan hal-hal yang belum dipahami siswa.
25.
Siswa
dan guru menyimpulkan materi-mteri yang telah dibahas.
C. Kegiatan Akhir
1.
Guru
menyampaikan pesan kepada siswa untuk mempelajari kembali materi yang sudah
dibahas dan mempelajari materi berikutnya.
2.
Salah
satu siswa memimpin doa penutup.
3.
Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan salam penutup.
.............,
............................... 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD Ngrukeman Guru Kelas
II Tematik
Mugirah, S.Pd Dhina
Kusuma W.
NIP. 19600606
1979122014 NPM.
11144600017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar