Translate

Minggu, 06 Oktober 2013

Mengajar Anak tentang Listrik Statis


Ketika bekerja dengan topik ini , kita dapat menggunakan banyak cara untuk menunjukkan kepada murid apa listrik statis dan bagaimana cara kerjanya. Namun, mari kita melihat ke dalam beberapa informasi latar belakang sebelum memulai kegiatan. Bagaimana ilmuwan awal belajar tentang listrik statis?
Paling awal dikenal referensi untuk listrik statis kembali setidaknya 2600 tahun . Pada 600 SM orang Yunani menemukan bahwa, ketika digosok, resin mengeras dari pohon, yang disebut amber, akan menarik potongan-potongan serat, debu, dan kertas. Bahkan, elektron istilah berasal dari kata Yunani amber.

Pengetahuan tentang listrik statis tidak meningkat pesat sebagai abad berlalu . Sangat sedikit informasi baru ditemukan kecuali bahwa semakin banyak bahan yang ditemukan yang dapat menarik untuk amber.
Tidak sampai 1672 terobosan nyata berikutnya datang. Sampai dengan saat ini selalu diperlukan untuk mengisi batang dengan benar-benar menggosok. Namun pada tahun itu Otto Van Guericke, seorang fisikawan Jerman, dibangun sebuah mesin untuk melakukan menggosok untuknya.
Kurang dari 80 tahun kemudian penemuan penting lain mengikuti. Dua ilmuwan menemukan hal yang sama pada waktu yang hampir bersamaan. Pada 1745 E.G. Kleist, seorang elergyman Jerman, dan pada tahun 1746 Pieter von Musschenbroek Belanda, membangun perangkat untuk menyimpan listrik. Meskipun penemuan Kleist datang lebih awal, itu adalah Musschenbroek yang pertama kali melaporkannya. Dengan demikian, penemuan ini dikenal sebagai Leyden jar, nama untuk kampung halaman Musschenbroek di Leiden, Belanda.
Ada keterangan tambahan menarik untuk cerita Leydan jar. Mengapa para ilmuwan menggunakan stoples atau botol untuk menyimpan listrik? Setelah semua , tidak ada alasan untuk botol yang akan digunakan untuk tujuan itu, dan hari ini tidak ada yang digunakan dalam perangkat elektronik.
Jawaban sederhana pada masa para ilmuwan berpikir bahwa listrik adalah bentuk ringan, cairan tak terlihat. Jadi, wajar menggunakan wadah untuk mengumpulkan cairan tersebut. Jenis wadah apa yang mereka miliki? Stoples kaca yang sangat umum. Dan itu adalah bagaimana stoples kaca menjadi wadah pertama untuk menyimpan listrik.
The Layden jar disebut sebagai kondensor listrik untuk banyak alasan yang sama . Jika listrik adalah cairan tak terlihat, para ilmuwan beralasan bahwa itu mungkin gas yang terkondensasi. Hari ini, kita masih merujuk ke perangkat elektronik kecil yang dapat menyimpan biaya sebagai kondensor, meskipun sekarang lebih umum untuk merujuk kepada mereka sebagai kapasitor.
Pemimpin lain di bidang listrik statis adalah Benjamin Franklin. Dia terkenal karena menemukan bahwa petir dalam badai listrik adalah bentuk energi yang sama sebagai biaya statis bahwa ia dikembangkan di laboratorium.
Penting untuk dicatat bahwa Franklin sangat berhati-hati ketika melakukan eksperimen layang-layang terkenal dalam badai petir. Dia sangat menyadari bahaya petir . Setelah semua, petir dikenal untuk membunuh orang dan mulai kebakaran, jadi dia sangat menghormati kekuatannya. .
Pertama-tama, Franklin tidak berdiri di tengah hujan. Dia berdiri di tanah yang kering di bawah atap menggantung. Kedua, layang-layang melekat pada kawat tipis, tapi Franklin tidak menyentuh kawat. Dia melekatkan seutas tali pendek kering ke ujung kawat dan memegang tali.
Selama percobaan Franklin mengangkat sebuah botol Leyden kosong sehingga menyentuh kunci yang dililitkan dari ujung kawat. Dia bertanya-tanya apakah energi dalam awan akan mengisi tabung dengan energi yang sama yang ia hasilkan di laboratorium. Apakah itu sama dengan energi yang ia ciptakan saat ia mengusap ambar dengan wol? Ternyata tuduhan itu sama. Ia membuktikan bahwa petir benar-benar bentuk yang kuat dari listrik statis.
Franklin beruntung bahwa petir tidak mengikuti kawat ke tempat ia berdiri. Bahkan dengan tindakan pencegahan ia berada dalam bahaya besar dan bisa saja terbunuh. Percobaan Franklin tidak harus sebagai sekolah atau proyek individu.
Franklin bertanggung jawab atas mungkin penggunaan praktis pertama yang pernah dibuat penelitian di listrik statis. Para ilmuwan telah bekerja dengan membentuk energi selama berabad-abad, tetapi ditemukan hanya menggunakan yang menarik bagi para ilmuwan lainnya. Tidak ada penggunaan praktis ada di luar laboratorium. Apa penemuan Franklin ? Penangkal petir. Dia menyadari bahwa obyek di laboratorium dengan cepat akan berkurang dengan sendirinya jika memiliki ujung runcing. Dia beralasan, karena itu, bahwa ide mungkin bekerja untuk petir juga. Dia menempatkan ujung lancip pada rumah, terhubung ke kabel , dan berlabuh kabel dalam ke tanah. Ini bekerja .
Sebuah penangkal petir menawarkan perlindungan dalam dua cara. Pertama, elektron melarikan diri dari ujung batang, seperti yang mereka lakukan dari benda runcing di laboratorium. Dengan demikian, biaya yang biasanya terbentuk pada bangunan akan bocor dari gantinya. Jika biaya tidak membentuk, ada sedikit kesempatan bahwa petir akan menyerang. Kedua , jika sambaran petir tetap, muatan kekerasan tidak masuk ke gedung. Ini mengikuti jalan sepanjang kabel tembaga yang berat langsung ke tanah tanpa merusak gedung.
Penemuan Franklin datang tak lama sebelum penemuan arus listrik. Perlu diingat bahwa meskipun semua penemuan tentang listrik saat ini, masih belum ada cara yang bisa dirilis dalam aliran, terus menerus dikontrol. Semuanya masih statis muatan yang hanya bisa dirilis dalam sekejap. Penemuan besar tentang arus listrik yang belum datang.

Acara tdk dan Investigasi Murid
Event 4 - A. Balon dan Landas Terlihat Its. Gosok balon dengan wol dan menyentuh balon ke dinding. Apakah balon tinggal seolah-olah itu pada rak tak terlihat ?
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Memverifikasi kegiatan untuk melihat apakah murid juga bisa membuat tongkat balon ke dinding.
2.      Mengamati bahwa balon tidak menempel kecuali digosok.
3.      Menyimpulkan hubungan antara menggosok balon dan tarik ke dinding .
Event 4 - B. Membuat Air Bend. Nyalakan keran sehingga aliran yang sangat tipis air mengalir dari itu. Sediakan karet atau plastik sisir dan beberapa wol. Mintalah siswa untuk mencari cara untuk mendapatkan sisir untuk menarik air tanpa menyentuhnya.
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Mencermati tikungan air ketika sisir yang diadakan di dekat sungai.
2.      Pengujian untuk melihat apakah percobaan akan bekerja jika sisir tidak digosok ( tidak).
3.      Generalisasi bahwa menggosok melakukan sesuatu untuk menyisir untuk menyebabkan itu untuk menarik air.
Event 4 - C. Merica dan Selt. Taburkan sedikit merica dan garam pada selembar kertas. Tanyakan apakah ada yang bisa memisahkan dua dengan menggunakan hanya sisir dan wol cloth.
Pupil penyelidikan ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Mengamati bahwa sisir menarik kedua merica dan garam.
2.      Memprediksi yang menyentuh sedikit sisir akan menyebabkan garam untuk menurunkan sebelum lada tidak.
3.      Membandingkan ketinggian di mana merica dan garam tertarik .

Event 4 - A Melalui 4 - C Dijelaskan dalam Konteks ( Dibebankan Obyek Menarik Objects bermuatan ) APA PENYEBAB BIAYA statis? Penjelasan khas acara ini biasanya mencakup pernyataan bahwa tuduhan itu disebabkan menggosok. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Tuduhan ini sebenarnya disebabkan dengan membawa zat yang tepat berdekatan. Menggosok adalah cara untuk menyelesaikan tugas ini.
Beberapa zat cenderung untuk mendapatkan elektron dengan mudah, sedangkan zat lain cenderung kehilangan mereka dengan mudah. Dengan demikian, ketika dua zat yang berbeda seperti dibawa dekat satu sama lain ( dengan menggosok, misalnya), elektron bergerak dari satu ke yang lain.
Ketika sebuah benda keuntungan elektron, ia memiliki surplus elektron dan dikatakan memiliki muatan negatif . Ketika sebuah benda kehilangan elektron, ia memiliki kekurangan elektron dan dianggap memiliki muatan positif.
Ketika bekerja dengan listrik statis, satu kata peringatan diperlukan. Kondisi cuaca dapat memiliki pengaruh besar pada percobaan dengan biaya tersebut. Kegiatan bekerja terbaik pada hari-hari musim dingin. ( Sangat mudah untuk mendapatkan guncangan pada hari-hari hanya dengan menyeret melintasi karpet . Hari Hangat dan hurmid di musim panas yang f paling buruk untuk percobaan tersebut.
Alasan untuk masalah selama cuaca hangat adalah kelembaban yang dapat membawa muatan. Dengan demikian, uap air di udara akan melepaskan muatan negatif dan positif dengan cepat di hari yang hangat. Di musim dingin, ketika dingin , sangat kering. Pada hari-hari musim panas yang hangat, bahkan ketika tampaknya menjadi kering , udara membawa lebih banyak kelembaban dari pada setiap hari musim dingin .
OBJEK DIISI MENARIK BENDA bermuatan. Mari kita lihat apa benda dapat diisi dan apa efek benda-benda terhadap benda bermuatan. Dengan sedikit usaha kita dapat melihat bahwa banyak hal yang dapat diisi dan menarik. Bahkan, hampir semua hal akan menghasilkan muatan semacam ketika digosok. Bahkan cairan dan gas dapat diisi, dan apa saja yang dapat tertarik, termasuk padat, cair, dan gas.
Sangat mudah untuk menunjukkan listrik statis di kelas dasar. Misalnya, dalam acara 4 - A. Balon dan Landas Terlihat Its balon menjadi bermuatan bila digosok dengan wol. itu tertarik dinding bermuatan. Balon sering menempel selama berjam-jam karena elektron tidak bergerak sangat baik pada balon. ( Balon adalah konduktor miskin).
Akhirnya, bagaimanapun, elektron berpindah dari balon ke dinding. Ketika ini terjadi, muatan hilang ( atau dinetralkan ) dan balon jatuh jatuh ke lantai. Seperti, dinyatakan sebelumnya, biaya yang hilang jauh lebih cepat pada hangat, hari lembab dari pada dingin, hari-hari musim.
Dalam Event 4 - B. kita melihat contoh lain dari suatu obyek yang tertarik dengan objek biaya. Membebankan sisir menarik aliran bermuatan air. Dengan beberapa latihan air dapat ditarik secara dramatis tentunya. ( Lihat Gambar. 4-1 ).
Tujuan dari acara 4 - C. Merica dan garam adalah untuk menunjukkan dua contoh lebih bahan yang tertarik oleh objek biaya. Kedua garam dan merica tertarik, jadi bagaimana bisa mereka dipisahkan? Para butir merica lebih ringan dari garam sehingga lada tertarik pertama. Juga, jika kedua zat berada di sisir, garam cenderung drop off, dengan penyadapan ringan, sebelum lada.
Semua peristiwa dalam bagian ini menunjukkan bahwa banyak bahan yang berbeda dapat tertarik oleh listrik statis . Mungkin murid Anda akan menemukan contoh-contoh tambahan prinsip itu.

Acara tdk dan Investigasi Murid
Event 4 - D. Tarikan atau Tolakan? Gosok sisir dengan wol dan meminta para siswa untuk memutuskan apa yang akan terjadi ketika sisir didekatkan ke ( tapi tidak menyentuh ) bola empulur tergantung pada ancaman. ( Sebuah bola empulur sangat sensitif terhadap listrik statis dapat diperoleh dari sebuah rumah pasokan ilmu ).
Setelah siswa membuat prediksi, membawa sisir dekat bola untuk menunjukkan bahwa ada daya tarik. Lakukan ini beberapa kali untuk memastikan bahwa tarik-menarik dilihat oleh semua orang. Kemudian lakukan aktivitas sekali lagi dan memungkinkan sentuhan sisir bola.
Setelah sisir dan sentuhan bola sejenak bola melompat jauh. Kedua saling tolak! Kegiatan ini cukup mengejutkan bagi sebagian besar murid. Salah satu fitur tambahan dapat ditambahkan ke acara ini jika Anda inginkan. Tunjukkan bahwa kadang-kadang bola ( dan kadang-kadang tidak ) tertarik ke tangan Anda. ( Lihat Gambar . 4-2 ).

Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Memprediksi tindakan bola dalam berbagai keadaan.
2.      Mengamati bahwa sisir menarik bola empulur selama mereka tidak saling menyentuh
3.      Menemukan bahwa sekali sisir dan sentuhan bola , mereka saling tolak
4.      Menyimpulkan bahwa bola tertarik ke tangan Anda hanya setelah bola telah tersentuh oleh sisir.
5.      Membentuk sebuah teori tentang tarikan dan tolakan dari listrik statis.
Event 4 - E. Membuat Kertas " Dance ". Tempatkan panel kaca pada dua buku tipis, seperti ditunjukkan pada Gambar . 4-3. Tempat potongan kertas ( kertas timah atau benang juga akan bekerja ) di ruang di bawah kaca. Menyediakan kain sutra atau nilon dan meminta anak-anak untuk membuat kertas " tarian ". ( Catatan : Kegiatan ini membutuhkan kondisi ideal untuk bekerja secara efektif ).
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Mengamati bahwa potongan kertas melompat ketika kaca digosok dengan sutra, wol, dan kertas ( Beberapa zat lain juga akan bekerja ).
2.      Menemukan bahwa potongan kertas melompat ke kaca , tetap untuk sementara waktu, dan kemudian melompat ke bawah, hanya untuk mengulang siklus itu lagi.
3.      Menyimpulkan sebuah relationhip antara menggosok kaca dan menarik kertas.
4.      Membentuk sebuah teori yang menyumbang baik tarikan dan tolakan kertas.
Event 4 - F. The Perada Tree. Tunggu beberapa helai perada di thread dan memiliki murid memutuskan bagaimana membuat perada menyebar terpisah. Memberikan siswa dengan kain wol. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan strip polietilen dan wol.
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Mengamati bahwa strip perada menyebar terpisah setelah mereka telah digosok dengan kain.
2.      Menyimpulkan bahwa setiap strip perada memiliki muatan yang sama.
3.      Generalisasi bahwa biaya seperti saling tolak.
Event 4 - G. Isi Stocking tersebut. Biarkan murid memutuskan bagaimana untuk mengisi sutra atau stoking nilon tanpa menempatkan apa pun ke dalamnya. Kemudian biarkan mereka memutuskan bagaimana "kosong" itu. Memiliki tas apolyethylene tersedia.
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Mengamati bahwa stocking yang "mengisi" ketika digosok dengan kantong polietilen.
2.      Bereksperimen dengan berbagai bahan
3.      Inffering bahwa efek ini disebabkan oleh tolakan biaya seperti
4.      Menemukan bahwa memicu adalah "mengosongkan " dengan menjalankan tangan Anda sepanjang seluruh panjang memicu.

Event 4 – H Melompat Daun
Biarkan murid memutuskan bagaimana membuat daun dari elektroskop menyebar terpisah. (Sebuah elektroskop adalah sebuah alat yang dapat mendeteksi listrik statis). Memiliki sisir dan kain wol yang tersedia bagi siswa untuk digunakan. Jika siswa berhasil dalam menyebabkan daun bergerak terpisah, meminta mereka untuk menemukan cara untuk membuat mereka kembali normal lagi. ( Lihat "Cara Membangun Elektroskop" pada akhir bab ini. )
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Menemukan bahwa sisir mempengaruhi daun bahkan sebelum sisir menyentuh tombol di atas elektroskop.
2.      Mengamati bahwa ketika sisir dibebankan menyentuh tombol elektroskop, daun menyebar terpisah.
3.      Menemukan bahwa daun juga tertarik saat menyisir diadakan dekat sisi kaca elektroskop.
4.      Menemukan bahwa daun runtuhnya saat kenop disentuh dengan jari.
5.      Generalisasi bahwa sisir memberikan daun seperti biaya dan biaya seperti mengusir.

Event 4 –I Koran Elektroskop.
Potong strip tipis panjang surat kabar dan menggantungnya di tepi penguasa seperti ditunjukkan pada Gambar. 4-4. Mintalah siswa untuk melihat apakah mereka dapat membuat tindakan kertas seperti daun elektroskop. Menyediakan siswa dengan kain wol.
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Bereksperimen dengan menggosokkan kertas dengan kain untuk melihat apakah daun menyebar terpisah
2.      Inffering bahwa gerakan kertas mirip dengan gerakan daun elektroskop di acara 4 – H
3.      Pengujian untuk melihat apakah zat-zat lain dapat digunakan di tempat kertas.

Event 4 - D Melalui 4 -I Dijelaskan dalam konteks ( seperti biaya mengusir )
Kita telah melihat bahwa obyek dibebankan baik negatif atau positif, akan menarik benda bermuatan. Tapi apa yang terjadi ketika dua tuduhan seperti dibawa berdekatan?
Event 4 - D. Objek atau Repulsion? Menunjukkan apa yang bisa terjadi. Urutan enam langkah dalam kegiatan yang ditunjukkan pada Gambar. 4-5. Mari kita pergi ke langkah satu per satu :
A.    Ketika sisir dibebankan diadakan di dekat bola, ada tarik antara mereka karena objek dibebankan ( sisir ) menarik sebuah benda bermuatan ( bola ).
B.     Segera setelah sisir menyentuh bola, muatan bergerak dari sisir untuk bola. Sekarang keduanya memiliki muatan yang sama .
C.     Setelah bola memiliki muatan yang sama seperti sisir, bola melompat jauh karena seperti biaya saling tolak.
D.    Jika tangan Anda diadakan di dekat bola, bola tertarik ke tangan karena objek dibebankan ( bola ) tertarik ke objek bermuatan ( tangan ).
E.     Ketika bola menyentuh tangan , bola dibuang ( atau "dinetralkan," atau membumi " ). Tubuh Anda adalah begitu besar yang bertindak sebagai reservoir yang mampu menyerap kelebihan elektron pada bola. ( Pastikan untuk menunjukkan bahwa bola bermuatan yang tidak tertarik atau diulang dengan tangan. Daya tarik terjadi hanya ketika bola dibebankan. )
F.      Setelah bola habis, seluruh urutan dapat diulang. Bola lagi attraced ke sisir dikenakan. Kondisinya lagi sama seperti mereka berada di langkah 1.

Bola kecil dapat dibuat dengan berbagai bahan. Yang terbaik adalah bola empulur ( dibuat dari bagian dalam batang jagung). Bahan lain yang dapat digunakan orang yang menjadi sombong gandum, beras kembung, potongan plastik busa, atau karbon ujung pertandingan dibakar, dan mungkin banyak hal lainnya. Jika sedikit kecil foil dibungkus sekitar bola empulur, tanggapan akan sangat cepat .
Tanpa foil bola merupakan konduktor yang buruk dan elektron diperoleh atau hilang perlahan-lahan. Bola "pelukan" sisir plastik untuk beberapa saat sebelum ditolak. Ketika dilapisi dengan foil, bagaimanapun, ia melompat, jauh sekaligus.
Peristiwa lainnya dalam bagian ini juga menunjukkan bahwa biaya yang sama saling tolak. Event 4 - E . Membuat Kertas " Dance " tidak mulai keluar seperti itu , tetapi berakhir seperti itu. Pertama-tama, dengan menggosok kaca dengan sutra atau wol, kaca menjadi bermuatan. Ini, pada gilirannya, menarik bit kertas. Pada titik ini hanya menunjukkan bahwa obyek biaya (kaca ) menarik sebuah benda bermuatan ( kertas).
Setelah beberapa saat potongan-potongan kertas melompat lagi. Kenapa? Setelah mereka potongan kertas menyentuh kaca , mereka secara bertahap mengambil muatan yang sama seperti kaca. Pada saat itu mereka punya seperti biaya. Karena muatan yang sama saling tolak, kertas melompat turun lagi. Event 4 - F. The Perada Tree juga menunjukkan bahwa seperti chsrges mengusir. Setelah diisi, helai individu perada saling tolak.
Event 4 - G. Isi Stocking karya terbaik ketika ujung nilon memicu adalah diadakan dinding dan polietilena digosok bawah sepanjang memicu dinding. ( Anda dapat mengetahui apakah kantong plastik polyethylene dengan peregangan. Jika membentang mudah, mungkin polyethylene)
Tarik stocking dari dinding dan tahan hingga melihat apakah itu "mengisi" . Karena semua serat tebar memiliki muatan yang sama , semua serat saling tolak menjadi bentuk bulat , menyebabkan " mengisi " tindakan. Stocking dapat "mengosongkan " lagi hanya dengan menariknya longgar melalui jari-jari Anda . Jari-jari Anda dan tangan akan menetralkan muatan pada kaos kaki.
Event 4 - H. Melompat daun menunjukkan contoh lain bagaimana biaya seperti mengusir . Daun elektroskop bergerak terpisah ketika tombol di atas disentuh dengan baik muatan positif atau negatif.
Sebagai muatan ditempatkan di kenop pintu, mengalir turun ke daun. Karena kedua daun menerima tuduhan yang sama, mereka yang ditolak dan bergerak terpisah dari satu sama lain. Daun runtuh lagi ketika muatan dinetralkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menyentuh tombol dengan jari Anda. Bahkan strip newpaper, seperti yang digunakan dalam acara 4 -I. Koran Elektroskop, perhatikan bahwa kertas, pada awalnya, tampaknya tetap bersama-sama. Namun, segera setelah ruang kecil berkembang antara strip , mereka melompat terpisah. Sekali lagi, acara koran menunjukkan bahwa seperti biaya saling tolak.
Kegiatan tdk dan Invastigations Murid
Event 4 - J. Berbeda Beban Menarik. Mengisi satu bola empulur dengan batang kaca digosok dengan sutra. Mengisi bola empulur lain dengan batang plastik digosok dengan wol atau bulu. Perlahan-lahan membawa dua bola ditangguhkan berdekatan. Apa yang terjadi? ( Lihat gambar. 4-6 )
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.      Mengamati bahwa bola menarik satu sama lain.
2.      Membandingkan daya tarik yang diamati ketika objek bermuatan dibawa dekat benda dibebankan.
3.      Bereksperimen untuk menemukan bahwa satu bola tertarik dan pther tersebut ditolak oleh batang dikenakan.
4.      Membentuk sebuah teori yang membawa bola seperti tuduhan dan bahwa biaya tersebut attarct sama lain.
5.      Menemukan bahwa setelah sentuhan bola, mereka netral.

Event 4 - J Dijelaskan Dalam Konteks ( seperti Beban Menarik )
Kita telah melihat bahwa ( 1 ) benda bermuatan menarik benda bermuatan dan ( 2 ) seperti biaya saling tolak. Hukum dasar yang ketiga ditampilkan dalam acara 4 - J. Berbeda Beban Menarik .
Satu bola empulur mengambil muatan positif bila disentuh oleh batang kaca, bola lainnya mengambil muatan negatif bila disentuh oleh batang plastik. Daya tarik antara dua bola lebih besar dari daya tarik baik bola memiliki terhadap suatu objek bermuatan. Hal ini tidak terlalu penting bagi murid untuk menghafal mana objek menerima apa biaya. Sebaliknya, mereka harus fokus pada tiga prinsip dasar listrik statis yang disajikan dalam bab ini.
Discre Event dan Murid Investigasi
Event 4 - K. Menginduksi Mengisi a . Ikuti langkah-langkah untuk mendorong chrge statis pada objek :
1.      Membawa tongkat bermuatan negatif dekat , tetapi tidak menyentuh , sebuah objek
2.      Tanah ( menetralisir ) objek dengan jari Anda . Muatan negatif meninggalkan objek.
3.      Hapus tanah ( jari Anda )
4.      Hapus batang.
Tujuannya sekarang memiliki biaya. Yang bertanggung jawab itu?
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut )
1.      Bereksperimen dengan kaca diisi dan batang plastik untuk menentukan apa biaya objek memiliki.
2.      Membandingkan biaya dengan yang lain hina yang dibebankan oleh kontak bukan dengan induksi.
3.      Menyimpulkan bahwa pengisian oleh induksi memberikan muatan yang berlawanan dengan yang diberikan saat pengisian melalui kontak.

Event 4 - K Dijelaskan Dalam Konteks ( Chargung oleh Induksi )
Topik ini biasanya tidak diajarkan di kelas-kelas elemtary. Namun, itu adalah subjek bahwa murid berbakat mungkin menemukan menantang. Kami melihat sebelumnya bahwa ketika sebuah objek dibebankan oleh kontak, benda menerima muatan yang sama dengan batang. Namun, ketika sebuah objek dibebankan oleh induksi , mendapat muatan yang berlawanan. Hal ini ditunjukkan dalam acara 4 - K. Menginduksi Mengisi a. Dalam contoh khusus batang bermuatan negatif dibawa dekat, tetapi tidak menyentuh, bola. Muatan negatif pada batang repels muatan negatif pada bola. Jadi, ketika jari disentuh bola. Elektron ditolak memiliki kesempatan untuk melarikan diri. Ketika elektron tersebut telah pergi, jari dihapus. Dengan elektron pergi, muatan yang tersisa adalah positif. (Lihat gambar. 4-7) Jika batang bermuatan positif digunakan sebagai pengganti batang bermuatan negatif, elektron akan memasuki bola insted dari meninggalkannya. Dengan demikian, bola akan mendapatkan muatan negatif.
Perhatikan bahwa dengan induksi kita mendapatkan biaya yang berlawanan dengan muatan pada batang, sedangkan dengan menghubungi kami mendapatkan biaya yang sama dengan yang ada di batang.
Sebuah elektroskop adalah perangkat yang dapat mendeteksi muatan statis . Anda dapat membuat anelectroscope dengan menggunakan botol atau termos, gabus atau karet stopper, kawat gantungan baju, dan beberapa foil. ( Lihat gambar. 4-8 )
Panaskan botol dalam oven ( pada panas rendah ) atau pada radiator untuk memastikan bahwa itu benar-benar kering . Jika perangkat tidak akan bekerja . Masukkan kawat melalui gabus atau satu -lubang stopper seperti yang ditunjukkan dalam diagram . Gunakan lilin untuk menutup kawat di mana ia melewati gabus atau stopper . Pastikan bahwa Anda menekuk kawat yang ada di dalam botol sehingga dua daun dapat digantung berdampingan satu sama lai .
Untuk daun menggunakan sangat thinfoil, seperti yang ditemukan pada beberapa bungkus permen karet. Hal ini lebih tipis dan lebih sensitif daripada biasa foil dapur ( meskipun dapur foil akan bekerja jika diperlukan ). Pastikan untuk mengupas dukungan kertas dari foil gusi.
Untuk membuat elektroskop lebih sensitif, potong dua daun dan menggantung mereka pada mendukung terpisah ( alih-alih membuat satu daun panjang dan menekuknya di tengah untuk membuat dua daun ). Hasil terbaik adalah umur ketika akhir setiap daun membungkuk dan menggantung longgar pada mendukung. Jangan mengikat ujung daun kokoh untuk mendukung . Hanya menggantungkan ujung longgar atas kabel.
Akhirnya, mengambil beberapa foil ( foil dapur baik-baik saja ), dari itu menjadi bola, dan tekan di sekitar bagian atas kawat. Kenapa? Apakah Anda ingat penemuan oleh Benjamin Franklin? Ia menemukan bahwa biaya bocor jauh dari benda tajam cepat. Kawat adalah benda tajam yang akan menyebabkan elektroskop untuk kehilangan biaya apapun yang diletakkan di atasnya. Dengan demikian, Anda dapat menghilangkan benda tajam hanya dengan pengancing bola putaran foil untuk kawat. Dengan cara taht biaya tinggal di dalam botol dan dapat diukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar