Ketika bekerja dengan topik ini , kita dapat
menggunakan banyak cara untuk menunjukkan kepada murid apa listrik statis dan
bagaimana cara kerjanya. Namun, mari kita melihat ke dalam beberapa informasi
latar belakang sebelum memulai kegiatan. Bagaimana ilmuwan awal belajar tentang
listrik statis?
Paling awal dikenal referensi untuk listrik statis
kembali setidaknya 2600 tahun . Pada 600 SM orang Yunani menemukan bahwa,
ketika digosok, resin mengeras dari pohon, yang disebut amber, akan menarik
potongan-potongan serat, debu, dan kertas. Bahkan, elektron istilah berasal
dari kata Yunani amber.
Pengetahuan tentang listrik statis tidak meningkat
pesat sebagai abad berlalu . Sangat sedikit informasi baru ditemukan kecuali bahwa
semakin banyak bahan yang ditemukan yang dapat menarik untuk amber.
Tidak sampai 1672 terobosan nyata berikutnya datang. Sampai dengan saat ini
selalu diperlukan untuk mengisi batang dengan benar-benar menggosok. Namun pada
tahun itu Otto Van Guericke, seorang fisikawan Jerman, dibangun sebuah mesin
untuk melakukan menggosok untuknya.
Kurang dari 80 tahun kemudian penemuan penting lain
mengikuti. Dua ilmuwan menemukan hal yang sama pada waktu yang hampir bersamaan.
Pada 1745 E.G. Kleist, seorang elergyman Jerman, dan pada tahun 1746 Pieter von
Musschenbroek Belanda, membangun perangkat untuk menyimpan listrik. Meskipun
penemuan Kleist datang lebih awal, itu adalah
Musschenbroek yang pertama kali melaporkannya. Dengan demikian, penemuan ini
dikenal sebagai Leyden jar, nama
untuk kampung halaman Musschenbroek di Leiden, Belanda.
Ada keterangan tambahan menarik untuk cerita Leydan jar. Mengapa para ilmuwan
menggunakan stoples atau botol untuk menyimpan listrik? Setelah semua , tidak
ada alasan untuk botol yang akan digunakan untuk tujuan itu, dan hari ini tidak
ada yang digunakan dalam perangkat elektronik.
Jawaban sederhana pada masa para ilmuwan berpikir bahwa
listrik adalah bentuk ringan, cairan tak terlihat. Jadi, wajar menggunakan
wadah untuk mengumpulkan cairan tersebut. Jenis wadah apa yang mereka miliki?
Stoples kaca yang sangat umum. Dan itu adalah bagaimana stoples kaca menjadi
wadah pertama untuk menyimpan listrik.
The Layden jar disebut sebagai kondensor listrik untuk
banyak alasan yang sama . Jika listrik adalah cairan tak terlihat, para ilmuwan
beralasan bahwa itu mungkin gas yang terkondensasi. Hari ini, kita masih
merujuk ke perangkat elektronik kecil yang dapat menyimpan biaya sebagai
kondensor, meskipun sekarang lebih umum untuk merujuk kepada mereka sebagai kapasitor.
Pemimpin lain di bidang listrik statis adalah Benjamin
Franklin. Dia terkenal karena menemukan bahwa petir dalam badai listrik adalah
bentuk energi yang sama sebagai biaya statis bahwa ia dikembangkan di
laboratorium.
Penting untuk dicatat bahwa Franklin sangat
berhati-hati ketika melakukan eksperimen layang-layang terkenal dalam badai
petir. Dia sangat menyadari bahaya petir . Setelah semua, petir dikenal untuk
membunuh orang dan mulai kebakaran, jadi dia sangat menghormati kekuatannya. .
Pertama-tama, Franklin tidak berdiri di tengah hujan. Dia berdiri di tanah yang kering di bawah atap menggantung. Kedua, layang-layang melekat pada kawat tipis, tapi Franklin tidak menyentuh kawat. Dia melekatkan seutas tali pendek kering ke ujung kawat dan memegang tali.
Pertama-tama, Franklin tidak berdiri di tengah hujan. Dia berdiri di tanah yang kering di bawah atap menggantung. Kedua, layang-layang melekat pada kawat tipis, tapi Franklin tidak menyentuh kawat. Dia melekatkan seutas tali pendek kering ke ujung kawat dan memegang tali.
Selama percobaan Franklin mengangkat sebuah botol
Leyden kosong sehingga menyentuh kunci yang dililitkan dari ujung kawat. Dia
bertanya-tanya apakah energi dalam awan akan mengisi tabung dengan energi yang
sama yang ia hasilkan di laboratorium. Apakah itu sama dengan energi yang ia ciptakan
saat ia mengusap ambar dengan wol? Ternyata tuduhan itu sama. Ia membuktikan
bahwa petir benar-benar bentuk yang kuat dari listrik statis.
Franklin beruntung bahwa petir tidak mengikuti kawat
ke tempat ia berdiri. Bahkan dengan tindakan pencegahan ia berada dalam bahaya
besar dan bisa saja terbunuh. Percobaan Franklin tidak harus sebagai sekolah
atau proyek individu.
Franklin bertanggung jawab atas mungkin penggunaan
praktis pertama yang pernah dibuat penelitian di listrik statis. Para ilmuwan
telah bekerja dengan membentuk energi selama berabad-abad, tetapi ditemukan
hanya menggunakan yang menarik bagi para ilmuwan lainnya. Tidak ada penggunaan
praktis ada di luar laboratorium. Apa penemuan Franklin ? Penangkal petir. Dia
menyadari bahwa obyek di laboratorium dengan cepat akan berkurang dengan
sendirinya jika memiliki ujung runcing. Dia beralasan, karena itu, bahwa ide
mungkin bekerja untuk petir juga. Dia menempatkan ujung lancip pada rumah,
terhubung ke kabel , dan berlabuh kabel dalam ke tanah. Ini bekerja .
Sebuah penangkal petir menawarkan perlindungan dalam
dua cara. Pertama, elektron melarikan diri dari ujung batang, seperti yang
mereka lakukan dari benda runcing di laboratorium. Dengan demikian, biaya yang
biasanya terbentuk pada bangunan akan bocor dari gantinya. Jika biaya tidak
membentuk, ada sedikit kesempatan bahwa petir akan menyerang. Kedua , jika
sambaran petir tetap, muatan kekerasan tidak masuk ke gedung. Ini mengikuti
jalan sepanjang kabel tembaga yang berat langsung ke tanah tanpa merusak
gedung.
Penemuan Franklin datang tak lama sebelum penemuan arus listrik. Perlu diingat bahwa meskipun semua penemuan tentang listrik saat ini, masih belum ada cara yang bisa dirilis dalam aliran, terus menerus dikontrol. Semuanya masih statis muatan yang hanya bisa dirilis dalam sekejap. Penemuan besar tentang arus listrik yang belum datang.
Penemuan Franklin datang tak lama sebelum penemuan arus listrik. Perlu diingat bahwa meskipun semua penemuan tentang listrik saat ini, masih belum ada cara yang bisa dirilis dalam aliran, terus menerus dikontrol. Semuanya masih statis muatan yang hanya bisa dirilis dalam sekejap. Penemuan besar tentang arus listrik yang belum datang.
Acara tdk dan Investigasi Murid
Event 4 - A. Balon dan Landas Terlihat Its. Gosok
balon dengan wol dan menyentuh balon ke dinding. Apakah balon tinggal
seolah-olah itu pada rak tak terlihat ?
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut )
:
1. Memverifikasi
kegiatan untuk melihat apakah murid juga bisa membuat tongkat balon ke dinding.
2. Mengamati
bahwa balon tidak menempel kecuali digosok.
3. Menyimpulkan
hubungan antara menggosok balon dan tarik ke dinding .
Event 4 - B. Membuat Air Bend. Nyalakan keran sehingga
aliran yang sangat tipis air mengalir dari itu. Sediakan karet atau plastik
sisir dan beberapa wol. Mintalah siswa untuk mencari cara untuk mendapatkan
sisir untuk menarik air tanpa menyentuhnya.
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1. Mencermati
tikungan air ketika sisir yang diadakan di dekat sungai.
2. Pengujian
untuk melihat apakah percobaan akan bekerja jika sisir tidak digosok ( tidak).
3. Generalisasi
bahwa menggosok melakukan sesuatu untuk menyisir untuk menyebabkan itu untuk
menarik air.
Event 4 - C.
Merica dan Selt. Taburkan sedikit merica dan garam pada selembar kertas.
Tanyakan apakah ada yang bisa memisahkan dua dengan menggunakan hanya sisir dan
wol cloth.
Pupil
penyelidikan ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1.
Mengamati bahwa sisir menarik kedua merica dan garam.
2.
Memprediksi yang menyentuh sedikit sisir akan
menyebabkan garam untuk menurunkan sebelum lada tidak.
3.
Membandingkan ketinggian di mana merica dan garam
tertarik .
Event 4 - A Melalui 4 - C Dijelaskan dalam Konteks (
Dibebankan Obyek Menarik Objects bermuatan ) APA PENYEBAB BIAYA statis?
Penjelasan khas acara ini biasanya mencakup pernyataan bahwa tuduhan itu
disebabkan menggosok. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Tuduhan ini sebenarnya
disebabkan dengan membawa zat yang tepat berdekatan. Menggosok adalah cara untuk
menyelesaikan tugas ini.
Beberapa zat cenderung untuk mendapatkan elektron
dengan mudah, sedangkan zat lain cenderung kehilangan mereka dengan mudah.
Dengan demikian, ketika dua zat yang berbeda seperti dibawa dekat satu sama
lain ( dengan menggosok, misalnya), elektron bergerak dari satu ke yang lain.
Ketika sebuah benda keuntungan elektron, ia memiliki
surplus elektron dan dikatakan memiliki muatan negatif . Ketika sebuah benda
kehilangan elektron, ia memiliki kekurangan elektron dan dianggap memiliki
muatan positif.
Ketika bekerja dengan listrik statis, satu kata peringatan
diperlukan. Kondisi cuaca dapat memiliki pengaruh besar pada percobaan dengan
biaya tersebut. Kegiatan bekerja terbaik pada hari-hari musim dingin. ( Sangat
mudah untuk mendapatkan guncangan pada hari-hari hanya dengan menyeret
melintasi karpet . Hari Hangat dan hurmid di musim panas yang f paling buruk
untuk percobaan tersebut.
Alasan untuk masalah selama cuaca hangat adalah
kelembaban yang dapat membawa muatan. Dengan demikian, uap air di udara akan
melepaskan muatan negatif dan positif dengan cepat di hari yang hangat. Di
musim dingin, ketika dingin , sangat kering. Pada hari-hari musim panas yang
hangat, bahkan ketika tampaknya menjadi kering , udara membawa lebih banyak kelembaban
dari pada setiap hari musim dingin .
OBJEK DIISI MENARIK BENDA bermuatan. Mari kita lihat
apa benda dapat diisi dan apa efek benda-benda terhadap benda bermuatan. Dengan
sedikit usaha kita dapat melihat bahwa banyak hal yang dapat diisi dan menarik.
Bahkan, hampir semua hal akan menghasilkan muatan semacam ketika digosok. Bahkan
cairan dan gas dapat diisi, dan apa saja yang dapat tertarik, termasuk padat,
cair, dan gas.
Sangat mudah untuk menunjukkan listrik statis di kelas
dasar. Misalnya, dalam acara 4 - A. Balon dan Landas Terlihat Its balon menjadi
bermuatan bila digosok dengan wol. itu tertarik dinding bermuatan. Balon sering
menempel selama berjam-jam karena elektron tidak bergerak sangat baik pada
balon. ( Balon adalah konduktor miskin).
Akhirnya, bagaimanapun, elektron berpindah dari balon ke dinding. Ketika ini terjadi, muatan hilang ( atau dinetralkan ) dan balon jatuh jatuh ke lantai. Seperti, dinyatakan sebelumnya, biaya yang hilang jauh lebih cepat pada hangat, hari lembab dari pada dingin, hari-hari musim.
Akhirnya, bagaimanapun, elektron berpindah dari balon ke dinding. Ketika ini terjadi, muatan hilang ( atau dinetralkan ) dan balon jatuh jatuh ke lantai. Seperti, dinyatakan sebelumnya, biaya yang hilang jauh lebih cepat pada hangat, hari lembab dari pada dingin, hari-hari musim.
Dalam Event 4 - B. kita melihat contoh lain dari suatu
obyek yang tertarik dengan objek biaya. Membebankan sisir menarik aliran
bermuatan air. Dengan beberapa latihan air dapat ditarik secara dramatis
tentunya. ( Lihat Gambar. 4-1 ).
Tujuan dari acara 4 - C. Merica dan garam adalah untuk
menunjukkan dua contoh lebih bahan yang tertarik oleh objek biaya. Kedua garam
dan merica tertarik, jadi bagaimana bisa mereka dipisahkan? Para butir merica
lebih ringan dari garam sehingga lada tertarik pertama. Juga, jika kedua zat berada
di sisir, garam cenderung drop off, dengan penyadapan ringan, sebelum lada.
Semua peristiwa dalam bagian ini menunjukkan bahwa
banyak bahan yang berbeda dapat tertarik oleh listrik statis . Mungkin murid
Anda akan menemukan contoh-contoh tambahan prinsip itu.
Acara tdk dan Investigasi Murid
Event 4 - D. Tarikan atau Tolakan? Gosok sisir dengan
wol dan meminta para siswa untuk memutuskan apa yang akan terjadi ketika sisir
didekatkan ke ( tapi tidak menyentuh ) bola empulur tergantung pada ancaman. (
Sebuah bola empulur sangat sensitif terhadap listrik statis dapat diperoleh dari
sebuah rumah pasokan ilmu ).
Setelah siswa membuat prediksi, membawa sisir dekat
bola untuk menunjukkan bahwa ada daya tarik. Lakukan ini beberapa kali untuk
memastikan bahwa tarik-menarik dilihat oleh semua orang. Kemudian lakukan
aktivitas sekali lagi dan memungkinkan sentuhan sisir bola.
Setelah sisir dan sentuhan bola sejenak bola melompat
jauh. Kedua saling tolak! Kegiatan ini cukup mengejutkan bagi sebagian besar
murid. Salah satu fitur tambahan dapat ditambahkan ke acara ini jika Anda
inginkan. Tunjukkan bahwa kadang-kadang bola ( dan kadang-kadang tidak )
tertarik ke tangan Anda. ( Lihat Gambar . 4-2 ).
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut ) :
1. Memprediksi
tindakan bola dalam berbagai keadaan.
2. Mengamati
bahwa sisir menarik bola empulur selama mereka tidak saling menyentuh
3. Menemukan
bahwa sekali sisir dan sentuhan bola , mereka saling tolak
4. Menyimpulkan
bahwa bola tertarik ke tangan Anda hanya setelah bola telah tersentuh oleh
sisir.
5. Membentuk
sebuah teori tentang tarikan dan tolakan dari listrik statis.
Event 4 - E. Membuat Kertas " Dance ".
Tempatkan panel kaca pada dua buku tipis, seperti ditunjukkan pada Gambar . 4-3.
Tempat potongan kertas ( kertas timah atau benang juga akan bekerja ) di ruang
di bawah kaca. Menyediakan kain sutra atau nilon dan meminta anak-anak untuk
membuat kertas " tarian ". ( Catatan : Kegiatan ini membutuhkan
kondisi ideal untuk bekerja secara efektif ).
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut )
:
1. Mengamati
bahwa potongan kertas melompat ketika kaca digosok dengan sutra, wol, dan
kertas ( Beberapa zat lain juga akan bekerja ).
2. Menemukan
bahwa potongan kertas melompat ke kaca , tetap untuk sementara waktu, dan
kemudian melompat ke bawah, hanya untuk mengulang siklus itu lagi.
3. Menyimpulkan
sebuah relationhip antara menggosok kaca dan menarik kertas.
4. Membentuk
sebuah teori yang menyumbang baik tarikan dan tolakan kertas.
Event 4 - F. The Perada Tree. Tunggu beberapa helai
perada di thread dan memiliki murid memutuskan bagaimana membuat perada
menyebar terpisah. Memberikan siswa dengan kain wol. Kegiatan ini juga dapat
dilakukan dengan menggunakan strip polietilen dan wol.
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut )
:
1. Mengamati
bahwa strip perada menyebar terpisah setelah mereka telah digosok dengan kain.
2. Menyimpulkan
bahwa setiap strip perada memiliki muatan yang sama.
3. Generalisasi
bahwa biaya seperti saling tolak.
Event 4 - G. Isi Stocking tersebut. Biarkan murid
memutuskan bagaimana untuk mengisi sutra atau stoking nilon tanpa menempatkan
apa pun ke dalamnya. Kemudian biarkan mereka memutuskan bagaimana
"kosong" itu. Memiliki tas apolyethylene tersedia.
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut )
:
1. Mengamati
bahwa stocking yang "mengisi" ketika digosok dengan kantong
polietilen.
2. Bereksperimen
dengan berbagai bahan
3. Inffering
bahwa efek ini disebabkan oleh tolakan biaya seperti
4. Menemukan
bahwa memicu adalah "mengosongkan " dengan menjalankan tangan Anda
sepanjang seluruh panjang memicu.
Event 4 – H Melompat Daun
Biarkan murid memutuskan bagaimana membuat daun dari
elektroskop menyebar terpisah. (Sebuah elektroskop adalah sebuah alat yang dapat
mendeteksi listrik statis). Memiliki sisir dan kain wol yang tersedia bagi
siswa untuk digunakan. Jika siswa berhasil dalam menyebabkan daun bergerak
terpisah, meminta mereka untuk menemukan cara untuk membuat mereka kembali
normal lagi. ( Lihat "Cara Membangun Elektroskop" pada akhir bab ini.
)
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut )
:
1. Menemukan
bahwa sisir mempengaruhi daun bahkan sebelum sisir menyentuh tombol di atas
elektroskop.
2. Mengamati
bahwa ketika sisir dibebankan menyentuh tombol elektroskop, daun menyebar terpisah.
3. Menemukan
bahwa daun juga tertarik saat menyisir diadakan dekat sisi kaca elektroskop.
4. Menemukan
bahwa daun runtuhnya saat kenop disentuh dengan jari.
5. Generalisasi
bahwa sisir memberikan daun seperti biaya dan biaya seperti mengusir.
Event 4 –I Koran Elektroskop.
Potong strip tipis panjang surat kabar dan
menggantungnya di tepi penguasa seperti ditunjukkan pada Gambar. 4-4. Mintalah
siswa untuk melihat apakah mereka dapat membuat tindakan kertas seperti daun
elektroskop. Menyediakan siswa dengan kain wol.
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut )
:
1. Bereksperimen
dengan menggosokkan kertas dengan kain untuk melihat apakah daun menyebar
terpisah
2. Inffering
bahwa gerakan kertas mirip dengan gerakan daun elektroskop di acara 4 – H
3. Pengujian untuk
melihat apakah zat-zat lain dapat digunakan di tempat kertas.
Event 4 - D Melalui 4 -I Dijelaskan dalam konteks (
seperti biaya mengusir )
Kita telah melihat bahwa obyek dibebankan baik negatif
atau positif, akan menarik benda bermuatan. Tapi apa yang terjadi ketika dua tuduhan
seperti dibawa berdekatan?
Event 4 - D. Objek atau Repulsion? Menunjukkan apa
yang bisa terjadi. Urutan enam langkah dalam kegiatan yang ditunjukkan pada
Gambar. 4-5. Mari kita pergi ke langkah satu per satu :
A. Ketika sisir
dibebankan diadakan di dekat bola, ada tarik antara mereka karena objek
dibebankan ( sisir ) menarik sebuah benda bermuatan ( bola ).
B. Segera
setelah sisir menyentuh bola, muatan bergerak dari sisir untuk bola. Sekarang
keduanya memiliki muatan yang sama .
C. Setelah bola
memiliki muatan yang sama seperti sisir, bola melompat jauh karena seperti
biaya saling tolak.
D. Jika tangan
Anda diadakan di dekat bola, bola tertarik ke tangan karena objek dibebankan (
bola ) tertarik ke objek bermuatan ( tangan ).
E. Ketika bola
menyentuh tangan , bola dibuang ( atau "dinetralkan," atau membumi
" ). Tubuh Anda adalah begitu besar yang bertindak sebagai reservoir yang
mampu menyerap kelebihan elektron pada bola. ( Pastikan untuk menunjukkan bahwa
bola bermuatan yang tidak tertarik atau diulang dengan tangan. Daya tarik
terjadi hanya ketika bola dibebankan. )
F. Setelah bola
habis, seluruh urutan dapat diulang. Bola lagi attraced ke sisir dikenakan. Kondisinya
lagi sama seperti mereka berada di langkah 1.
Bola kecil dapat dibuat dengan berbagai bahan. Yang
terbaik adalah bola empulur ( dibuat dari bagian dalam batang jagung). Bahan
lain yang dapat digunakan orang yang menjadi sombong gandum, beras kembung,
potongan plastik busa, atau karbon ujung pertandingan dibakar, dan mungkin
banyak hal lainnya. Jika sedikit kecil foil dibungkus sekitar bola empulur,
tanggapan akan sangat cepat .
Tanpa foil bola merupakan konduktor yang buruk dan
elektron diperoleh atau hilang perlahan-lahan. Bola "pelukan" sisir
plastik untuk beberapa saat sebelum ditolak. Ketika dilapisi dengan foil,
bagaimanapun, ia melompat, jauh sekaligus.
Peristiwa lainnya dalam bagian ini juga menunjukkan
bahwa biaya yang sama saling tolak. Event 4 - E . Membuat Kertas " Dance
" tidak mulai keluar seperti itu , tetapi berakhir seperti itu.
Pertama-tama, dengan menggosok kaca dengan sutra atau wol, kaca menjadi
bermuatan. Ini, pada gilirannya, menarik bit kertas. Pada titik ini hanya
menunjukkan bahwa obyek biaya (kaca ) menarik sebuah benda bermuatan ( kertas).
Setelah beberapa saat potongan-potongan kertas
melompat lagi. Kenapa? Setelah mereka potongan kertas menyentuh kaca , mereka
secara bertahap mengambil muatan yang sama seperti kaca. Pada saat itu mereka
punya seperti biaya. Karena muatan yang sama saling tolak, kertas melompat
turun lagi. Event 4 - F. The Perada Tree juga menunjukkan bahwa seperti chsrges
mengusir. Setelah diisi, helai individu perada saling tolak.
Event 4 - G. Isi Stocking karya terbaik ketika ujung nilon memicu adalah diadakan dinding dan polietilena digosok bawah sepanjang memicu dinding. ( Anda dapat mengetahui apakah kantong plastik polyethylene dengan peregangan. Jika membentang mudah, mungkin polyethylene)
Event 4 - G. Isi Stocking karya terbaik ketika ujung nilon memicu adalah diadakan dinding dan polietilena digosok bawah sepanjang memicu dinding. ( Anda dapat mengetahui apakah kantong plastik polyethylene dengan peregangan. Jika membentang mudah, mungkin polyethylene)
Tarik stocking dari dinding dan tahan hingga melihat
apakah itu "mengisi" . Karena semua serat tebar memiliki muatan yang
sama , semua serat saling tolak menjadi bentuk bulat , menyebabkan "
mengisi " tindakan. Stocking dapat "mengosongkan " lagi hanya
dengan menariknya longgar melalui jari-jari Anda . Jari-jari Anda dan tangan
akan menetralkan muatan pada kaos kaki.
Event 4 - H. Melompat daun menunjukkan contoh lain
bagaimana biaya seperti mengusir . Daun elektroskop bergerak terpisah ketika
tombol di atas disentuh dengan baik muatan positif atau negatif.
Sebagai muatan ditempatkan di kenop pintu, mengalir
turun ke daun. Karena kedua daun menerima tuduhan yang sama, mereka yang
ditolak dan bergerak terpisah dari satu sama lain. Daun runtuh lagi ketika
muatan dinetralkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menyentuh
tombol dengan jari Anda. Bahkan strip newpaper, seperti yang digunakan dalam
acara 4 -I. Koran Elektroskop, perhatikan bahwa kertas, pada awalnya, tampaknya
tetap bersama-sama. Namun, segera setelah ruang kecil berkembang antara strip ,
mereka melompat terpisah. Sekali lagi, acara koran menunjukkan bahwa seperti
biaya saling tolak.
Kegiatan tdk dan Invastigations Murid
Event 4 - J. Berbeda Beban Menarik. Mengisi satu bola
empulur dengan batang kaca digosok dengan sutra. Mengisi bola empulur lain
dengan batang plastik digosok dengan wol atau bulu. Perlahan-lahan membawa dua
bola ditangguhkan berdekatan. Apa yang terjadi? ( Lihat gambar. 4-6 )
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut )
:
1. Mengamati
bahwa bola menarik satu sama lain.
2. Membandingkan
daya tarik yang diamati ketika objek bermuatan dibawa dekat benda dibebankan.
3. Bereksperimen
untuk menemukan bahwa satu bola tertarik dan pther tersebut ditolak oleh batang
dikenakan.
4. Membentuk
sebuah teori yang membawa bola seperti tuduhan dan bahwa biaya tersebut attarct
sama lain.
5. Menemukan
bahwa setelah sentuhan bola, mereka netral.
Event 4 - J Dijelaskan Dalam Konteks ( seperti Beban
Menarik )
Kita telah melihat bahwa ( 1 ) benda bermuatan menarik
benda bermuatan dan ( 2 ) seperti biaya saling tolak. Hukum dasar yang ketiga
ditampilkan dalam acara 4 - J. Berbeda Beban Menarik .
Satu bola empulur mengambil muatan positif bila disentuh oleh batang kaca, bola lainnya mengambil muatan negatif bila disentuh oleh batang plastik. Daya tarik antara dua bola lebih besar dari daya tarik baik bola memiliki terhadap suatu objek bermuatan. Hal ini tidak terlalu penting bagi murid untuk menghafal mana objek menerima apa biaya. Sebaliknya, mereka harus fokus pada tiga prinsip dasar listrik statis yang disajikan dalam bab ini.
Satu bola empulur mengambil muatan positif bila disentuh oleh batang kaca, bola lainnya mengambil muatan negatif bila disentuh oleh batang plastik. Daya tarik antara dua bola lebih besar dari daya tarik baik bola memiliki terhadap suatu objek bermuatan. Hal ini tidak terlalu penting bagi murid untuk menghafal mana objek menerima apa biaya. Sebaliknya, mereka harus fokus pada tiga prinsip dasar listrik statis yang disajikan dalam bab ini.
Discre Event dan Murid Investigasi
Event 4 - K. Menginduksi Mengisi a . Ikuti
langkah-langkah untuk mendorong chrge statis pada objek :
1. Membawa
tongkat bermuatan negatif dekat , tetapi tidak menyentuh , sebuah objek
2. Tanah (
menetralisir ) objek dengan jari Anda . Muatan negatif meninggalkan objek.
3. Hapus tanah
( jari Anda )
4. Hapus batang.
Tujuannya sekarang memiliki biaya. Yang bertanggung
jawab itu?
Investigasi Murid ( mungkin termasuk proses berikut )
1. Bereksperimen
dengan kaca diisi dan batang plastik untuk menentukan apa biaya objek memiliki.
2. Membandingkan
biaya dengan yang lain hina yang dibebankan oleh kontak bukan dengan induksi.
3. Menyimpulkan
bahwa pengisian oleh induksi memberikan muatan yang berlawanan dengan yang
diberikan saat pengisian melalui kontak.
Event 4 - K Dijelaskan Dalam Konteks ( Chargung oleh
Induksi )
Topik ini biasanya tidak diajarkan di kelas-kelas
elemtary. Namun, itu adalah subjek bahwa murid berbakat mungkin menemukan
menantang. Kami melihat sebelumnya bahwa ketika sebuah objek dibebankan oleh
kontak, benda menerima muatan yang sama dengan batang. Namun, ketika sebuah
objek dibebankan oleh induksi , mendapat muatan yang berlawanan. Hal ini
ditunjukkan dalam acara 4 - K. Menginduksi Mengisi a. Dalam contoh khusus
batang bermuatan negatif dibawa dekat, tetapi tidak menyentuh, bola. Muatan
negatif pada batang repels muatan negatif pada bola. Jadi, ketika jari disentuh
bola. Elektron ditolak memiliki kesempatan untuk melarikan diri. Ketika
elektron tersebut telah pergi, jari dihapus. Dengan elektron pergi, muatan yang
tersisa adalah positif. (Lihat gambar. 4-7) Jika batang bermuatan positif
digunakan sebagai pengganti batang bermuatan negatif, elektron akan memasuki
bola insted dari meninggalkannya. Dengan demikian, bola akan mendapatkan muatan
negatif.
Perhatikan bahwa dengan induksi kita mendapatkan biaya yang berlawanan dengan muatan pada batang, sedangkan dengan menghubungi kami mendapatkan biaya yang sama dengan yang ada di batang.
Perhatikan bahwa dengan induksi kita mendapatkan biaya yang berlawanan dengan muatan pada batang, sedangkan dengan menghubungi kami mendapatkan biaya yang sama dengan yang ada di batang.
Sebuah elektroskop adalah perangkat yang dapat mendeteksi
muatan statis . Anda dapat membuat anelectroscope dengan menggunakan botol atau
termos, gabus atau karet stopper, kawat gantungan baju, dan beberapa foil. (
Lihat gambar. 4-8 )
Panaskan botol dalam oven ( pada panas rendah ) atau
pada radiator untuk memastikan bahwa itu benar-benar kering . Jika perangkat
tidak akan bekerja . Masukkan kawat melalui gabus atau satu -lubang stopper
seperti yang ditunjukkan dalam diagram . Gunakan lilin untuk menutup kawat di
mana ia melewati gabus atau stopper . Pastikan bahwa Anda menekuk kawat yang
ada di dalam botol sehingga dua daun dapat digantung berdampingan satu sama lai
.
Untuk daun menggunakan sangat thinfoil, seperti yang
ditemukan pada beberapa bungkus permen karet. Hal ini lebih tipis dan lebih
sensitif daripada biasa foil dapur ( meskipun dapur foil akan bekerja jika
diperlukan ). Pastikan untuk mengupas dukungan kertas dari foil gusi.
Untuk membuat elektroskop lebih sensitif, potong dua daun dan menggantung mereka pada mendukung terpisah ( alih-alih membuat satu daun panjang dan menekuknya di tengah untuk membuat dua daun ). Hasil terbaik adalah umur ketika akhir setiap daun membungkuk dan menggantung longgar pada mendukung. Jangan mengikat ujung daun kokoh untuk mendukung . Hanya menggantungkan ujung longgar atas kabel.
Untuk membuat elektroskop lebih sensitif, potong dua daun dan menggantung mereka pada mendukung terpisah ( alih-alih membuat satu daun panjang dan menekuknya di tengah untuk membuat dua daun ). Hasil terbaik adalah umur ketika akhir setiap daun membungkuk dan menggantung longgar pada mendukung. Jangan mengikat ujung daun kokoh untuk mendukung . Hanya menggantungkan ujung longgar atas kabel.
Akhirnya, mengambil beberapa foil ( foil dapur
baik-baik saja ), dari itu menjadi bola, dan tekan di sekitar bagian atas kawat.
Kenapa? Apakah Anda ingat penemuan oleh Benjamin Franklin? Ia menemukan bahwa
biaya bocor jauh dari benda tajam cepat. Kawat adalah benda tajam yang akan
menyebabkan elektroskop untuk kehilangan biaya apapun yang diletakkan di
atasnya. Dengan demikian, Anda dapat menghilangkan benda tajam hanya dengan
pengancing bola putaran foil untuk kawat. Dengan cara taht biaya tinggal di
dalam botol dan dapat diukur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar