Translate

Sabtu, 19 Oktober 2013

MAPEL IPA KELAS IV

Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanan

Pernahkah kamu pergi ke kebun binatang? Di sana terdapat berbagai jenis hewan. Mulai yang bertubuh kecil hingga yang bertubuh besar. Ternyata, hewan-hewan tersebut setiap hari diberi makanan oleh penjaga kebun binatang. Makanan hewan-hewan ter sebut ada yang berasal dari tumbuhan dan ada yang berasal dari hewan. Makanan yang berasal dari tumbuhan, di antaranya rumput, buah- buahan dan biji-bijian. Adapun, makanan yang berasal dari hewan, di antaranya daging. Berdasarkan jenis makanannya tersebut, hewan-hewan dapat dikelompokkan ke dalam
beberapa golongan. Penggolongan tersebut, antara lain, herbivor (pemakan tumbuhan), karnivor (pemakan daging), dan omnivor (pemakan tumbuhan dan daging).



1. Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivor)
Pernahkah kamu melihat kambing? Menurutmu, bersumber dari manakah makanan kambing tersebut? Makanan kambing bersumber dari tumbuhan. Seperti telah dijelaskan pada uraian sebelumnya, beberapa bagian dari tumbuhan dimanfaatkan oleh hewan sebagai makanan. Hewan yang memakan tumbuhan disebut herbivor. Hewan-hewan herbivor memiliki ciri khusus. Ciri ini menandakan jenis makanan yang dimakannya. Hewan-hewan herbivor memiliki ciri pada susunan giginya, Selain herbivor yang hidup di darat seperti kambing, kuda, dan gajah, ada pula burung yang
tergolong herbivor. Burung pemakan tumbuhan ini memiliki ciri khusus, terutama pada bentuk paruhnya. Contohnya adalah burung pipit pemakan biji.

2. Hewan Pemakan Daging (Karnivor)
Hewan pemakan daging (karnivor) merupakan hewan yang mencari makan dengan cara berburu hewan lain. Untuk berburu dan mencari mangsa, hewan karnivor biasanya memiliki senjata. Hewan karnivor banyak sekali jenisnya. Selain karnivor yang hidup di darat, ada pula karnivor yang dapat terbang dan karnivor yang hidup di air.



3. Hewan Pemakan Tumbuhan dan Daging (Omnivor)
Hewan pemakan tumbuhan dan daging (omnivor) terkadang disebut juga sebagai hewan pemakan segala. Hewan omnivor tidak memiliki ciri khusus yang menunjang untuk jenis makanannya. Contoh hewan omnivor ialah tikus dan babi. Hewan-hewan tersebut dapat memakan tumbuhan dan hewan, karena hewan omnivor memiliki organ pencernaan yang dapat digunakan untuk memakan makanan yang bersumber dari tumbuhan dan hewan. Dapatkah kamu menyebutkan hewan omnivor lainnya?



 Lembar Kerja Siswa
Kerjakanlah soal-soal berikut ini di buku latihanmu.
1. Sebutkan 3 golongan hewan berdasarkan makanannya.
2. Jelaskan ciri-ciri hewan pemakan tumbuhan dan ciri-ciri hewan pemakan
daging.

Kunci Jawaban LKS
1.   Berdasarkan jenis makanannya tersebut, hewan-hewan dapat dikelompokkan ke dalam beberapa golongan. Penggolongan tersebut, antara lain, herbivor (pemakan tumbuhan), karnivor (pemakan daging), dan omnivor (pemakan tumbuhan dan daging).

2. Ciri-ciri hewan herbivor yaitu pada susunan gigi pada hewan kambing misalnya, dan pada bentuk paruh burung pipit. Hewan karnivor memiliki ciri-ciri gigi yang tajam dan memiliki senjata khusus. Sedangkan hewan omnivor tidak memiliki ciri-ciri khusus.

Sumber : Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4 untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas IV
Penulis : S. Rositawaty, Aris Muharam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar