Translate

Sabtu, 15 Desember 2012

Tempat nongkrong di Jogja


Angkringan Jogja Mantap
Oleh: Dhina Kusuma W.

Angkringan memang telah menjadi budaya Jogja yang pada kemudian juga populer hingga di kota-kota lain. Di Jakarta, angkringan cukup digemari sebagai alternatif bersantap dan nongkrong di pinggir jalan. Budaya angkringan yang santai, egaliter, dan bebas sangat menarik bagi banyak orang. Tak hanya tukang becak atau seniman, kalangan kantoran dan anak-anak gaul pun tidak anti bersantap di angkringan.
Salah satu angkringan yang sangat terkenal di Yogyakarta adalah Angkringan Tugu, yang terletak di sebelah utara Stasiun Tugu. Tempat ini hampir selalu direferensikan untuk dikunjungi bagi siapa saja yang berkunjung ke Jogja. Bagi masyarakat Jogja, Angkringan Tugu juga menjadi ruang publik yang tidak pernah bosan-bosannya untuk didatangi. Di tempat ini bahkan tumbuh beberapa komunitas diskusi dari berbagai kalangan yang mempunyai satu kegemaran yang sama, yaitu nongkrong di Angkringan Tugu. 
Berbeda dengan angkringan Jogja pada umumnya yang kebanyakan menggunakan gerobak beroda. Angkringan Tugu menggunakan gerobak pikulan yang mirip dengan pikulan sate. Bangku-bangku berukuran sedang diletakkan di sekitar gerobak pikulan. Sedangkan bangku-bangku dan meja panjang ditempatkan di sebelah gerobak, dibelakang bangku berukuran sedang. Bagi yang suka lesehan, Angkringan Tugu juga menyediakan tikar yang digelar di seberang jalan. 
Angkringan yang sudah buka sejak jam dua siang ini ramai dikunjungi mulai sore hari hingga penuh di malam hari. Terkadang tidak ada tempat yang tersisa di sini terutama ketika malam minggu. Biasanya angkringan ini tutup hingga dini hari. Sekarang Angkringan Tugu telah menjadi salah satu tempat nongkrong favorit kaum muda Jogja, bahkan mereka yang termasuk sebagai anak-anak gaul pun sangat akrab dengan tempat ini.
Entah mengapa, menu-menu makanan tradisional yang disajikan di Angkringan Tugu terasa lebih lezat. Banyak orang merasa lebih berselera bersantap di sini meskipun hanya dengan menu yang sederhana. Selain itu harga makanan dan minuman yang murah membuat orang betah berlama-lama nongkrong di Angkringan Tugu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar